FRIST WELCOME

WELCOME TO MY BLOG :

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ANDA MENIKMATI SELAMA BERADA DI SINI.

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR TERHADAP BLOG INI

Kamis, 27 Oktober 2011

PENYEBAB PUSING

Pusing adalah pertanda adanya gangguan pada organ tubuh kita. Ketika kita pusing, sebenarnya otak kita sedang memberitahu ada bagian tubuh yang sedang terganggu.
Nah, gangguan rasa sakit itu disampaikan oleh saraf ke otak sehingga timbullah pusing. Pusing bisa terjadi pada satu sisi kepala (biasa disebut migren) atau bisa juga menjalar ke seluruh bagian kepala.
Penyebab Pusing


Pusing adalah keluhan wajar apabila terjadi dalam waktu singkat, dan hilang begitu penyebabnya sudah sembuh. Misalnya, saat kita terkena flu, kepala akan terasa berat dan pusing.
Jika flu sudah sembuh, rasa pusing akan hilang dengan sendirinya. Demikian pula saat sakit gigi, akan disertai rasa pusing. Begitu sakit giginya hilang, rasa pusing pun hilang.
Selain itu, pusing juga bis adisebabkan karena infeksi pada telinga dan mata minus. Terlalu banyak minum-minuman yang mengandung kafein (misalnya kopi), tidur larut malam, tidur berlebihan, berktivitas langsung di bawah sinar terik matahari, perut kosong, stres juga bisa menjadi penyebab pusing.
Cara mencegahnya cukup mudah. Sedapat mungkin hindari faktor-faktor penyebab tersebut. Bila penyebabnya menstruasi, cukup kita imbangi dengan makan teratur dan bergizi, banyak minum, istirahat yang cukup serta olahraga.
Bila tak kunjung reda, minumlah obat pusing. Bila masih berlanjut segeralah periksa ke dokter.
Pusing yang harus diwaspadai
1. Pusing yang terasa hebat atau sakit luar biasa dan menyerang secara tiba-tiba tanpa ada sebabnya.
2. Pusing yang berlangsung terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama, misalnya berhari-hari atau hingga berminggu-minggu.
3. Pusing yang terjadi setelah benturan keras pada kepala (trauma setelah kecelakaan).
4. Pusing yang terasa hebat dibarengi dengan muntah-muntah bahkan pingsan.
5. Pusing karena penyakit penyerta, misalnya anemia (kurang darah) dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

(SUMBER : KIDNESIA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar