FRIST WELCOME

WELCOME TO MY BLOG :

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ANDA MENIKMATI SELAMA BERADA DI SINI.

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR TERHADAP BLOG INI

Kamis, 19 April 2012

PERKUAT OTAK DENGAN AKTIVITAS INI


Hmm... Kalian pernah merasakan otak kalian menurun kemampuannya? 

Otak yang menurun kemampuannya itu seperti apa, sih?
bacabuku

Artinya, kemampuan otak kalian sudah mulai menurun, tuh.Salah satu tandanya jika kamu mulai merasa sering lupa/daya ingat menurun, atau merasa sangat sulit berpikir ketika belajar di sekolah. 
Dr Michael Merzenich,  seorang profesor emeritus dari University of California, San Francisco Amerika, mempunyai tips yang lebih sederhana untuk membantu meningkatkan fungsi otak, lho!
Membaca
Selain memperluas wawasan dan informasi, membaca juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Membaca itu membuat otak kita terbiasa mengolah informasi yang akan membuat otak kita terus bekerja dan berpikir.
Membaca juga bisa menurunkan risiko gangguan yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer (penyakit lupa yang bisa mengakibatkan kematian), lho!

Berjalan dan melihat sekitar
Asal kalian tahu, aja, nih, berjalan ternyata bisa mengasah fungsi otak juga, lho! Coba, deh, kamu berjalan di sekitar lingkungan rumah dan rekam semua yang kamu lihat.
Setelah sampai di rumah, ingat-ingat kembali secara rinci rute perjalanan dan segala macam hal yang sudah dilihat.
"Ini adalah bentuk latihan mental yang sangat penting karena membuat mesin otak kita tetap hidup," kata Merzenich.

Belajar sesuatu yang baru
Ternyata, melakukan sebuah aktivitas yang baru dan belum pernah kamu lakukan sebelumnya terutama yang merangsang kerja otak juga mampu meningkatkan fungsi kognitif pada otak kita, lho!
Nah, bermain catur atau mengisi TTS (teka teki silang) adalah salah satu bentuk permainan yang cukup menantang fungsi kognitif otak kita.
"Otak adalah mesin belajar dan pada dasarnya perlu belajar baru," katanya Prof Merzenich.

Ikut kegiatan sosial
Ikut terlibat dalam setiap kegiatan sosial sehari-hari sangat penting. Selain bisa menabah jumlah teman, tetapi juga untuk melatih bagian terpenting dari otak yang didedikasikan untuk kognisi sosial, lho!
"Terlibat dalam sebuah kegiatan sosial sangat bernilai. Cara ini terbukti baik untuk kesehatan otak kita," kata Merzenich menambahkan.
Nah, semoga otak kita bisa bekerja dengan maksimal untuk meraih prestasi gemilang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar