FRIST WELCOME

WELCOME TO MY BLOG :

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ANDA MENIKMATI SELAMA BERADA DI SINI.

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR TERHADAP BLOG INI

Kamis, 16 Juni 2011

BAHAN TAMBANG : BERLIAN

Berlian sering juga disebut intan. Berlian atau intan ini termasuk ke dalam kategori batu mulia. Intan adalah satu-satunya batu mulia yang terbuat dari koostof atau zat arang asli yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan, makhluk hidup dan berbagai macam batuan yang dibentuk oleh alam.

Proses pembentukan alami itu berlangsung miliaran tahun, lho. Itulah salah satu alasannya berlian atau intan ini mahal harganya.
Awal mulanya, nama intan sebenarnya digunakan untuk menyebut baja yang saat itu dianggap sebagai barang yang paling keras.
Padahal, batu intan ternyata sifatnya lebih keras dari baja, lho! Nilai keras intan adalah 10 dalam daftar keras Mohs. Berat jenisnya 3,5 sampai 3,52.
Intan tertua yang ada di bumi ini terdapat di India, sedangkan penemuan intan pertama di Afrika Selatan pada tahun 1870.
Oya, intan bukan hanya batu yang paling keras, tapi juga punya cahaya yang paling besar dan terang dari semua jenis batuan.

Warna Berlian
Warna-warna berlian pun beraneka ragam seperti kuning, kuning muda, kebiru-biruan, merah, biru kehijau-hijauan, merah jambu, merah muda, dan kuning kecoklat-coklatan.
Eh, ada juga, lho berlian yang berwarna hitam. Orang sering menyebutnya carbonado.

Berlian yang warna hijau daun juga ada, tetapi sangat jarang ditemukan. Yang ini pasti sangat mahal harganya.
Nah, berlian yang paling umum kita ketahui adalah yang tak berwarna dan transparan.
Kilau berlian dinamakan cahaya atau fire, sedangkan beningnya dinamai air.
Sebutir berlian yang beningnya sempurna dinamakan berlian dari ‘air pertama’, sedangkan yang kelihatan sangat keruh dinamakan ‘air ketiga’.



Mahal?
Mmm.. sebenarnya, nggak semua berlian itu mahal, lho! Hanya sedikit saja jumlahnya yang bisa dibilang mahal.
Asal kamu tahu saja nih, hasil tambang dari seluruh dunia, 80 persen dari sekitar 150 juta karat atau 30 ton berlian berkualitas buruk.
Karena kualitasnya nggak bagus, berlian-berlian itu akan dihancurkan menjadi bubuk untuk keperluan industri seperti buat bahan gergaji, pisau bedah, alat bor, benda-benda elektronik sampai komponen pesawat terbang, roket luar angkasa dan lain-lain.
Nah, 20 persen sisanya, baru bisa diasah dan dijadikan sebagai perhiasan.
Hanya 1-2 persen berlian saja yang kualitasnya benar-benar baik, bagus dan mahal harganya. Jadi, nggak semua berlian itu mahal, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar