FRIST WELCOME

WELCOME TO MY BLOG :

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ANDA MENIKMATI SELAMA BERADA DI SINI.

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR TERHADAP BLOG INI

Kamis, 16 Juni 2011

TOKOH : Tsai Lun

Tsai Lun atau Cai Lun adalah penemu kertas. Ia dilahirkan di Guiyang (sekarang termasuk wilayah Provinsi Hunan, Republik Rakyat Cina ) tahun 50 Masehi pada masa pemerintahan Dinasti Han. Dalam bahasa tradisional Cina, nama Tsai Lun dilafalkan Cai Lun. Nama Cai Jingzhong diberikan pada Tsai Lun sebagai nama kehormatan.

Awalnya Tsai Lun adalah seorang pegawai negara di pengadilan kekaisaran. Setelah mengabdi sebagai pegawai kaisar sejak tahun 75 Masehi, Tsai Lun mendapatkan berbagai penghargaan dan kenaikan pangkat. Pada tahun 89 Masehi, Tsai Lun dipromosikan sebagai sekretaris dalam pekerjaan tulis-menulis kerajaan dan pada tahun yang sama memperoleh posisi penting dalam pabrik pembuatan senjata.

Pada masa itu di dataran Cina, buku dibuat dari bambu atau sutera. Buku dari bambu amat berat dan kaku, sedangkan buku dari sutera harganya sangat mahal. Di daerah Barat, buku ditulis di atas kulit kambing atau lembu sebagai pengganti papyrus yang digunakan orang-orang Yunani, Romawi, dan Mesir. Tetapi kulit dan papyrus sama-sama mahal kerena bahan ini sulit ditemukan.

Suatu hari di tahun 105 M, Tsai Lun merendam bagian dalam kulit pohon murbei lalu memukul-mukul kulitnya hingga lepas. Kemudian kulit tadi direndam kembali dengan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah rendaman menjadi bubur (pulp ), bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur.Hasilnya adalah cikal bakal kertas yang sekarang biasa kita temukan di mana-mana.
Hasil temuan Tsai Lun tersebut kemudian dipersembahkan kepada Kaisar Han Ho Ti. Konon, Kaisar sangat senang dengan penemuan ini dan sejak saat itu kertas digunakan secara luas di Cina. Bangsa Cina menyebut kertas hasil ciptaan Tsai Lun ini dengan nama "kertas dari Bangsawan Tsai". Penggunaan kertas meluas di seluruh Cina bahkan menjadi komoditas ekspor ke seluruh Asia. Rahasia pembuatannya pun terjaga selama lima abad.

Rahasia yang tertutup rapat itu akhirnya terbongkar juga pada tahun 751. Beberapa tenaga ahli pembuat kertas ditawan oleh orang-orang Arab pada masa Dinasti Abbasiah. Mereka diminta mengajarkan cara pembuatan kertas. Mulai saat itulah tehnik pembuatan kertas menyebar ke seluruh dunia Arab kemudian Eropa. Sejak Gutenberg menemukan mesin cetak modern, kertas menggantikan kedudukan kulit kambing sebagai sarana tulis-menulis di Barat.

Tsai Lun meninggal dunia tahun 121 Masehi. Sebuah kuil didirikan di Chengdu sebagai penghargaan untuk jasa-jasanya. Sekitar kuil tersebut terdapat ratusan keluarga yang melibatkan diri dalam industri pembuatan kertas. Tsai Lun pun dianggap sebagai salah satu dari 10 penemu terbesar sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar