FRIST WELCOME

WELCOME TO MY BLOG :

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ANDA MENIKMATI SELAMA BERADA DI SINI.

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR TERHADAP BLOG INI

Jumat, 03 Juni 2011

PERSIAPAN UJIAN

Sebenarnya sih, menjelang tes semester seharusnya tenang agar bisa menyelesaikan soal-soal dengan lancar.

Kalau cemas, bisa-bisa malah grogi dan tidak bisa konsentrasi.

Selain belajar memang perlu ditambah agar siap, jangan lupa juga rekreasi juga perlu agar pikiran kita santai atau rileks. Bisa kita lakukan dengan membaca bacaan ringan, nonton film kartun yang lucu, atau bersepeda.

1.Tidak Cemas

Menjelang tes yang kita butuhkan adalah kesegaran. Baik kesegaran badan, dan pikiran. Nah, kalau cemas, pikiran kita menjadi tegang. Bisa-bisa perut yang tadinya biasa-biasanya saja bisa mulas. Atau kepala bisa pusing. Wah, sayang sekali kalau sampai terjadi seperti itu, ya? Kita rileks saja, yuk! Enggak perlu cemas, karena tes semesteran kan sudah kita jalani sebelumnya di semester-semester lalu?
2.Santai Saja
Supaya tidak cemas, kita santai saja yuk! Memang sih, belajar harus ditambah porsinya. Tetapi kan jangan lupa untuk bersantai? Setuju? Kita bisa baca buku yang ringan-ringan dan lucu ya, agar pikiran kita enggak tegang. Atau nonton film kartun yang kocak dan menarik? Bermain bersama teman juga bisa. Tapi jangan kelamaan, ya? Sebab kita kan sedang persiapan menjelang tes.
3.Tidur yang Cukup
Bukan berarti karena mau tes, eh… kita belajar keras sampai larut malam. Wah, enggak baik juga. Keesokan harinya kita bisa kesiangan bangun. Atau, kalau pun bangun pagi mata masih terasa mengantuk dan badan lesu. Sebaiknya tidur yang cukup. Bobok siang juga bagus, selanjutnya belajar. Bobok siang bisa menyegarkan badan dan pikiran, lho!

4.Belajar Bersama
Belajar bersama bisa kita lakukan, lebih seru. Buatlah tanya jawab soal-soal yang telah kita pelajari dengan teman. Misalnya, teman yang bertanya, lalu kita yang menjawab. Dan selanjutnya bergantian. Itu bisa membuat materi pelajaran lebih mudah diingat. Kalau ada yang salah, bisa saling mengingatkan. Eh, tapi belajarbersamanya jangan kebanyakan ngobrol, ya?
5.Tanya Pada Ayah dan Ibu
Pelajaran yang belum kita mengerti bisa kita tanyakan kepada ayah atau ibu. Sehingga kita memahami. Ada baiknya saat belajar di rumah ditemani oleh orangtua. Jika ada yang belum kita mengerti bisa langsung ditanyakan. Atau, saat belajar sendiri atau bersama teman menemui kesulitan, catat dulu di buku. Lalu tanyakan pada ayah dan ibu saat mereka sudah berada di rumah.
6.Selalu Berdoa
Belajar cukup, sudah. Istirahat, sudah. Oh ya! Jangan lupa berdoa, ya? Apa pun yang akan kita lakukan dan kerjakan selalu diawali dengan doa agar hati tenang. Yakinlah, bahwa dengan memohon lewat doa, tes yang akan dihadapi menjadi lebih ringan, sebab Tuhan selalu bersama kita. Bagaimana? Setuju, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar