FRIST WELCOME

WELCOME TO MY BLOG :

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ANDA MENIKMATI SELAMA BERADA DI SINI.

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR TERHADAP BLOG INI

Jumat, 03 Juni 2011

ORIGINAL SCIENCE : PASIR HIDUP

Pasir hisap atau quicksand memang ada. Konon, manusia sudah takut terhadap pasir hisap (Quicksand ) sejak berabad-abad. Pasir hisap dianggap punya kekuatan misterius untuk menghisap korbannya sampai lenyap.

Tapi sebenarnya, pasir hisap tidak begitu kok. Dan kalau kamu tahu apa itu pasir hisap dan tahu bagaimana menghadapinya, pasir hisap tidak akan menyakitimu sama sekali.

Pasir hisap itu adalah pasir ringan dan longgar yang bercampur dengan air . Penampilannya tidak berbeda dengan pasir biasa yang mungkin berada tepat di sebelahnya. Bedanya, pasir hisap tidak dapat menahan beban berat.

Biasanya pasir hisap muncul di dekat mulut sungai besar dan pada pantai yang datar di mana ada lapisan tanah liat keras di bawahnya. Air akan terkumpul di pasir, karena tanah liat di bawahnya menahan air untuk tidak meresap.
Air ini dapat berasal dari berbagai tempat yang berbeda, seperti arus sungai atau kolam.

Butiran pasir hisap berbeda dengan butiran pasir biasa, karena bentuknya bulat dan bukan bersiku-siku atau lancip.

Air berada di antara butiran sehingga memisahkan dan mengangkatnya, jadi pasir ini cenderung mengapung satu di atas lainnya. Ini membuat mereka tidak dapat menahan objek padat.

Beberapa pasir hisap bahkan tidak terbuat dari pasir. Ada yang terdiri dari tanah lunak, campuran pasir dan lumpur, atau sejenis lumpur kerikil.

Orang yang melangkah ke atas pasir hisap tidak tenggelam lenyap dari pandangan. Karena pasir hisap mengandung cairan sangat banyak, itu memungkinkan orang mengapung lebih tinggi daripada di air.

Hal yang paling penting adalah bergerak perlahan-lahan di dalam pasir hisap. Ini akan memberi tubuh waktu untuk mengapung. Begitu hal ini terjadi, pasir hisap sama saja dengan air ketika kau berenang.

Apa yang harus dilakukan, bila terjebak dalam pasir hisap ?
1. Tenang
2. Usahakan gerakkan kaki secara perlahan-lahan supaya air dan pasir masuk merembes ke daerah yg kosong. Setelah partikel pasir menjadi stabil kembali, maka daya apung akan mengangkat tubuh ke atas.

Menurut Thomas Zimmie, seorang ahli mekanika tanah di Ransellar Polytechnic Institute di Troy, New York, gambaran di film-film agak berlebihan.

Sebab pasir hisap hanya akan menenggelamkan sampai batas pinggang saja kalau kita tenang.

Tapi bukan berarti tidak berbahaya. Karena semakin besar tekanannnya, semakin banyak cairan yang terbentuk di pasir hisap sehingga gerakan korban membuatnya terperosok semakin dalam. Kuncinya adalah TENANG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar