FRIST WELCOME

WELCOME TO MY BLOG :

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ANDA MENIKMATI SELAMA BERADA DI SINI.

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR TERHADAP BLOG INI

Jumat, 03 Juni 2011

ORIGINAL SCIENCE : NUKLIR

 Nuklir adalah sebuah atom yang tidak memiliki inti. Ada dua macam reaksi pada nuklir yaitu reaksi fisi  (pembelahan inti) dan reaksi fusi  (penggabungan inti).
Pada reaksi fisi, inti atom akan pecah menjadi inti-inti yang lebih kecil. Nah, karena besarnya energi yang dimiliki nuklir , saat ini banyak negara mulai memanfaatkannya.

Beberapa bidang keilmuan pun menggunakan dan memanfaatkan nuklir sebagai salah satu bahan bakunya, misalnya sebagai energi pembangkit listrik, industri berat, kedokteran, pertanian, peternakan, dan lainnya.

Eh, tapi ada juga lho, yang memanfaatkan nuklir  ini sebagai senjata, seperti yang bom yang dijatuhkan di Kota Hiroshima dan Nagasaki dulu itu.

Hmm.. nuklir itu mengandung zat radioaktif  yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, reaksi nuklir (fisi atau fusi tadi) harus dilakukan di suatu tempat khusus yang dinamakan reaktor nuklir.

Eh, kamu ingat, reaktor nuklir  yang hancur karena gempa di Jepang beberapa waktu lalu, kan? Hiii.. ngeri banget deh, reaktor itu bocor dan rusak akibat kekuatan gempa.
Kenapa harus di tempat khusus?

Karena reaktor nuklir mampu memlindungi masyarakat, peneliti dan lingkungan di sekitarnya dari radiasi yang dihasilkan oleh zat yang dikandung oleh nuklir itu.

Untuk itu, reaktor nuklir dilengkapi dengan sistem keselamatan yang terpasang. Di dalamnya pun dipasang lapisan-lapisan pelindung lainnya sehingga benar-benar terisolasi khusus deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar